"Kesara" FIB Unilak Garap Lima Video Klip Musikalisasi Puisi, Puisi Siapa Saja?
0 Komentar 183 pembaca
Kesara

"Kesara" FIB Unilak Garap Lima Video Klip Musikalisasi Puisi, Puisi Siapa Saja?

Berita

Tabloidtanjak.com-Unilak. Kelompok musik Kesara yang terdiri dari alumni dan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggarap video klip musikalisasi puisi karya mereka. Pengambilan gambar video klip ini sudah dimulai pada tanggal 21 Mei 2021.

Menurut Juliana, vokalis Kesara yang akrab disapa Jo ini, ada lima karya musikalisasi puisi yang digarap video klipnya. "Ombak Sekanak puisi Rida K Liamsi, Pergi puisi Taufik Ikram Jamil, Kau Muntahkan Cintamu di Dadaku yang Berjelaga puisi Jefri Al Malay, Hujan Menetas Bulan puisi Hang Kafrawi, dan Mendung Kita Adalah Cerita puisi Revila Yusra," jelas Jo.

Jo juga menjelaskan bahwa karya musikalisasi karya mereka sudah diciptakan dua tahun yang lalu. Pada tahun 2021 ini baru kesampaian untuk dijadikan video klipnya.

"Alhamdulillah, baru tahun ini baru dapat buat video klipnya. Rekamannya sudah dua tahun yang lalu. Hal ini sesuai juga dengan tuntutan zaman, mengabadikan karya kami melalui video klip sehingga masyarakat luas dapat menikmati karya kami," ujar alumni Program Studi Sastra Melayu ini.

Sebelum dijadikan video klip, karya-karya musikalisasi Kesara, kata Jo, sudah dipentaskan dibeberapa event kebudayaan baik lokal maupun nasional.

"Bahkan kami sudah mentas di beberapa kampung di Riau ini. Kami merasa bangga mempersembahkan karya kami kepada masyarakat. Dan video klip ini memperkuat tekat kami untuk terus berkarya untuk negeri ini," jelas Jo.

Jo menjelaskan bahwa pilihan mereka pada musikalisasi puisi ini bukan tak beralasan. Puisi dengan makna yang dalam, kata Jo, memerlukan kecerdasan penafsiran, sehingga musik yang diciptakan memperkuat puisi bukan melemahkan puisi.

"Sebagai mahasiswa sastra, kami setiap hari bergelut dengan puisi. Puisi menjadi denyut nadi kami, dan kami turut bertanggung jawab menjadikan puisi semakin sedap dinikmati oleh masyarakat melalui musikalisasi puisi," jelas dara kelahiran Mandah, Indragiri Hilir ini.

Setiap hari juga di kampus, kata Jo, mereka membahas nilai-nilai budaya Melayu, sehingga karya yang mereka hasilkan tidak terlepas dari kekutan lokalitas daerah ini.

"Musikalisasi puisi merupakan cara kami memadukan puisi dan musik menjadi lagu yang berciri khas nuansa alam dari kearifan lokalitas," kata penyair perempuan Riau ini.

Tidak ada aral melintang, kata Jo, peluncuran album Kesara akan dilaksana pada pertenghaan bulan Juni 2021.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Chevron yang sudi membantu kami. Semoga karya kami ini bermanfaat dan berfaedah bagi kita semua. Jangan lupa, pertengahan bulan Juni 2021 saksikan video klip kami," tutup Jo.

Personel Kesara vokal Jojo, gitar Rendy, gambus Ijal, acordion Apri, cajon Putra Amphu, marakas Muklis, dan pembaca puisi Awi Anjung.

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas