Meriah!! Syukuran 80 Tahun Sutardji Calzoum Bachri  digelar secara virtual
0 Komentar 530 pembaca

Meriah!! Syukuran 80 Tahun Sutardji Calzoum Bachri digelar secara virtual

Berita

Tabloidtanjak.com. Syukuran 80 tahun Sutardji Calzoum Bachri “Mewariskan Kepada Dunia”, digelar secara virtual dan offline di Anjung Seni Idrus Tintin, Kamis, 24 juni 2021 pukul 20.00 WIB. Acara yang begitu meriah ini tajaan Dewan Kesenian Riau bersinergi dengan Unilak, Pemerintahan Provinsi Riau, serta LAM Riau. Selain memperingati 80 tahun SCB, acara ini diisi dengan peluncuran buku “Presiden Penyair Sutardji Calzoum Bachri, Biografi Kesaksian” karya  Taufik Ikram Jamil. Serta Pengumuman pemenang lomba video klip puisi SCB se-Nusantara.

Kemeriahan Syukuran ini tampak dari banyaknya peserta virtual bahkan sampai ke  Malaysia dan Brunei Darussalam. Selain itu, juga hadir Gubernur Riau yang dalam hal ini membacakan salah satu puisi SBC serta puluhan sastrawan Riau yang turut membacakan puisi karya SCB sebagai bentuk pemeriahan ulang tahun SCB.

SCB adalah Presiden penyair Indonesia kelahiran Rengat, 24 Juni 1941 dari pasangan Muhammad Bacri dan May Kalsum. Selain sebagai penyair, SCB juga seorang penulis buku yang aktif, banyak puisi yang sudah ia ciptakan, yang sangat erat pada kehidupan manusia dan kritik pemerintah yang memiliki makna dalam bagi pembacanya. “Puisi adalah rasa dan upaya menemukan makna yang tersimpan dalam kehidupan”, ujar SCB saat virtual. Hal ini juga membuat SCB menjadi sastrawan yang popular di masyarakat.

Peluncuran buku “Presiden Penyair Sutardji Calzoum Bacri, Biografi Kesaksian” karya  Taufik Ikram Jamil diawali dengan tepuk tepung tawar oleh Gubernur Riau, serta penandatanganan buku oleh sejumlah Sastrawan berpengaruh Riau. Hal ini tentu menjadi kebanggaan mendalam bagi Taufik Ikram Jamil selaku penulis buku. Buku ini dihargai Rp. 250.000, untuk mendapatkannya bisa langsung kontak Wa Adri (0811765992), Megat (081261334682), atau Salmah (081371890115).

Pengumuman pemenang video klip puisi SCB se-Nusantara juga diumumkan oleh dewan juri serta SCB sendiri. Yang mana harapan 3 diraih oleh Muhammad Badlan Muherron, Harapan 2 oleh Ahmad Sidiq, Harapan satu oleh Musrial Mustafa, Juara 3 oleh Adnan Aditia Kusuma, Juara dua oleh Zalfa Robi Robian Sulhaw, dan Juara 1 diraih oleh Agra Hadi Abdurrahman.

“Fastival Sutardji Calzoum Bachri ini untuk masyarakat luas khususnya pecinta sastra dimanapun berada, dan ditekankan kepada warga Negara serumpun. Kegiatan ini diharapkan menghidupkan semangat kreatifitas yang berakar pada tradisi tanpa melupakan perkembangan sejagat”, ujar Atan Lasak selaku ketua Dewan Kesenian Riau.

GN

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas