Membangun Riau Melalui Budaya Melayu
0 Komentar 68 pembaca
Poster

Membangun Riau Melalui Budaya Melayu

Berita

Tabloidtanjak.com - UNILAK. Dalam rangka memperingati hari jadi ke-36 tahun Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Lancang Kuning (UNILAK) menyelenggarakan Webinar Internal yang dibuka untuk umum, alumni, dan mahasiswa FIB Unilak. Dengan tema "Peran dan Peluang Program Studi FIB UNILAK dalam Keikutsertaan Membangun Provinsi Riau Berbasis Budaya Melayu". Kamis (17/12/20).

Webinar Internal yang begitu hangat menghadirkan narasumber, dari semua Program Studi (Prodi) yang ada di FIB Unilak, Drs. Rosman H, M.Hum selaku Kaprodi Sastra Indonesia, Qori Islami, S.S., M.Hum selaku Kaprodi Sastra Inggris, Nining Sudiar, S.IP., M.IP selaku Kaprodi Ilmu Perpustakaan, IIk Idayanti, M.Hum selaku kaprodi Sastra Daerah,  dan moderator M. Aidil atau yang biasa dikenal dengan nama Awi Andjung.

M. Kafrawi, S.S., M.Sn, Dekan FIB Unilak mengatakan, dengan di adakannya sempena hari jadi ke-36 tahun FIB Unilak ini, semoga FIB dapat menjadi perahu yang dapat berlayar ke Pelabuhan satu, ke pelabuhan lainnya Untuk memperluas dan menjadi kuat dengan landasan Budaya Melayu. Dalam kesempatan kali ini FIB Unilak memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa untuk membawa FIB hingga perjuangannya dapat kita rasakan saat ini.

Kafrawi menambahkan, "Nama-nama: tokoh yang telah berjuang untuk FIB ialah  Drs. Agustiar yang merupakan mantan Dekan FIB Unilak, lalu ada Drs. Sri Kirwati dan Drs. Syafruddin Saleh yang juga merupakan mantan dosen di FIB Unilak. Jika hendak dirunut banyak lagi tokoh-tokoh yang berjasa dalam membesarkan FIB Unilak ini yang semula bernama Fakultas Sastra, sejak 36 tahun lalu. Semoga dalam rangka ini kita lebih dapat mepererat hubungan silahturahmi keluarga besar FIB Unilak," tambah beliau.

Setiap Ketua Program Studi (Kaprodi) menyampaikan materi yang menjadi bahan acuan dalam proses pembelajaran yang berbasis kurikulum dari Dikti. Sehingga tidak lepas dari tujuan program Ilmu Budaya yang berlandaskan Budaya Melayu Riau.

Menuru Drs. Rosman H, M.Hum mengatakan "semoga kedepannya Prodi Sastra Indonesia akan melahirkan mahasiswa yang kritis dalam membuat suatu karya sastra yang berangkat dari kekayaan khasanah Riau." ujar beliau.

Tentunya semua Kaprodi menyapaiakan tujuan, harapan untuk membawa setiap jurusan dengan berlandaskan budaya Melayu ke mata dunia agar generasi selanjutnya akan mencatat sejarah yang kita goreskan. Dengan situasi seperti saat ini, sangat menyulitkan untuk mengadakan acara yang mengundang keramaian.

Namun itu semua tak menjadi alasan untuk tetap menjalankan silahturahmi, seperti yang dilakukan Fakultas Ilmu Budaya, Unilak. Mengadakan Webiner terbuka sekaligus memperingati hari jadi Fakultas Ilmu Budaya yang ke-36 tahun.

Webiner yang berjalan dengan hikmat dan narasumber yang sangat bagus memberikan ilmu dan materi guna untuk meningkatkan kualitas pola pikir bagi mahasiswa dan para Alumni Fakultas Ilmu Budaya, Unilak.

Kami segenap Wartawan Redaksi Tabloid Tanjak mengucapkan, selamat hari jadi Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Lancang Kuning. Teruslah berlayar “Sekali Layar Terkembang, Pantang Surut Kebelakang.” (NM), (AI).

 

Editor: GhaP

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas