36 Tahun Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Lancang Kuning
0 Komentar 55 pembaca
FIB Unilak

36 Tahun Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Lancang Kuning

Berita

Tabloidtanjak – PEKANBARU. Sempena memperingati hari jadinya yang menginjak usai ke-36 tahun pada tanggal 17 Desember 2020 ini, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (FIB Unilak) merancang berbagai kegiatan. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya, Webinar Nasional, Webinar Internal, penghargaan kepada mantan Dekan dan dosen FIB, serta berbagai lomba yang terdiri dari lomba film pendek dokumenter dan lomba fotografi.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, M Kafrawi, S.S., M.Sn mengemukakan senarai kegiatan yang dirancang dalam memperingati hari jadi FIB ini disesuaikan dengan kondisi covid yang masih melanda negeri. Kegiatan-kegiatan dilakukan dengan tetap memberikan kemeriahan yang dapat dirasakan masyarakat namun berstandar masa pandemi.

“Seminar nasional tetap kita adakan seperti biasanya, namun dilaksanakan secara daring. Ini juga menjadi baik, karena dapat diikuti oleh siapa saja dari daerahnya masing-masing tanpa harus datang ke Pekanbaru ini. Webinar kita laksanakan gratis dengan ketentuan terlebih dahulu mendaftar di link yang telah diterakan. Peserta juga akan diberikan sertifikat elektronik sebagai ucapan terima kasih atas partisipasinya,” ungkap Dekan yang juga merupakan seniman ini.

Dijelaskan oleh Kafrawi pula, seminar nasional yang akan dilaksanakan pada 19 Desember 2020 nanti akan menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompetensi. Selain menghadirkan Rektor Unilak, Dr. Junaidi, S.S., M.Hum juga mengundang budayawan Riau Taufik Ikram Jamil, akademisi budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Aprinus Salam, M.Hum, dan Dekan FKIP UMRAH Kepri Dr. Abdul Malik, M.Pd sebagai pembicara. Adapun tajuk webinar yang dibentangkan dari helad ini adalah “Menyukat Peradaban Melayu di Era Teknologi Informasi”.

Sementara itu, webinar internal dilakukan dalam upaya membahas, mengoreksi dan menampung sumbang saran dalam perbaikan FIB Unilak ke depan. Tidak hanya menghadirkan Kaprodi dan Wakil Dekan di lingkungan FIB Unilak, namun juga mengundang Ketua IKA FIB Unilak, Safari Arriziq sebagai pembicara.

“Tidak hanya keluaran yang kita inginkan, namun juga masukan bagi perbaikan FIB Unilak ke depan. Salah satunya dari para alumni yang kini sudah berada di masyarakat. Apa yang dihadapi alumni adalah catatan yang harus FIB ambil dan cermati,” ungkap Dekan menambahkan.

Selain webinar, FIB Unilak juga memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang dinilai dituakan selangkah dalam perkembangan FIB selama ini. Penghargaan ini adalah untuk membangun silaturahmi bagi keluarga FIB Unilak saat ini dengan para tokoh-tokoh yang pernah berjasa berjuang di FIB Unilak.

“Tokoh-tokoh tersebut adalah Drs. Agustiar yang merupakan mantan Dekan FIB Unilak, lalu ada Drs. Sri Kirwati dan Drs. Syafruddin Saleh yang juga merupakan mantan dosen di FIB Unilak. Tentunya kalau hendak dirunut banyak lagi tokoh-tokoh yang berjasa dalam membesarkan FIB Unilak ini yang semula bernama Fakultas Sastra ini sejak 36 tahun lalu. Semoga di lain kesempatan kami bisa mengadakan silahturahmi seperti ini lagi,” tambah Dekan.

Mengenai lomba, Kafrawi menjelaskan dilaksanakan dalam upaya meransang kreatifitas masyarakat. Meskipun masih berada di masa pandemi, kreatifitas harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Kita mengadakan lomba film pendek dokumenter dan lomba fotografi. Ini sebagai upaya kita meransang kreatifitas masyarakat. Jika pandemi banyak memberi hambatan bagi pelaku seni selama ini, semoga dengan adanya lomba ini memberi ruang berkreatifitas. Sebagai penghargaan kita juga menyediakan hadiah jutaan rupiah. Lomba boleh diikuti oleh berbagai kalangan yang berdomisi di Provinsi Riau. Juknis lomba dapat dilihat di instagram @fib.unilak dan facebook @Fakultas Ilmu Budaya Unilak,” tutup Kafrawi.

 

Editor: GhaP

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas