Terkait COVID-19
0 Komentar 229 pembaca
Foto Doa dan Dzikir Berjalan Kampung Dosan.

Terkait COVID-19

Buah Pikir

tabloidtanjak.com - UNILAK. Sekarang dunia sedang digemparkan dengan wabah virus Covid19 (Corona) yang menjadi momok menakutkan bagi setiap masyarakat, kini kita semua sedang sibuk mencari apa dan bagaimana cara mengatasi Covid19 ini makin hari korban kian bertambah, membuat keresahan dimana-mana, bahkan bukan hanya satu negara yang dihebohkan oleh virus corona tetapi dunia pun ikut gempar karenanya.

Kini setiap daerah membuat kebijakan masing-masing untuk melakukan mencegah penyebaran virus Corona. Mulai dari kampung kecil bahkan kota besar sekali pun ikut mengambil tindakan tegas, seperti larangan untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah pun semakin ketat, namun ada juga beberapa kelompok masyarakat yang masih tidak mau mengikuti aturan yang telah dibuat. Pihak keamanan tentu tak tinggal diam, mereka turun untuk mengatur dan mengatasi masyarakat yang masih tidak mendengar aturan yang telah dibuat, para pihak berwajib datang dan membubarkan setiap masyarakat yang membuat keramaian/perkumpulan di tempat umum.

Bahkan kampung kecil yang bertempat di desa Dosan, kecamatan Pusako, kabupaten Siak Sri Indrapura ikut bergerak untuk melakukan pencegahan penularan virus Corona. Mulai dari bersih-bersih, penyuluhan untuk mencuci tangan dengan sabun dan larangan-larangan untuk tidak berkumpul atau membuat satu perkumpulan/keramaian.

Bahkan Uniknya kampung Dosan melakukan ritual turun temurun yaitu mengumpulkan semua orang kampung untuk melakukan dzikir berjalan yang dipandu oleh penghulu kampung dan imam-imam masjid di kampung Dosan, myulai dari anak-anak, remaja, bapak-bapak dan semua pembesar kampung pun ikut andil dalam hal ini.

Konon katanya, dzikir berjalan ini bertujuan untuk menolak bala kampung Dosan dan mengusir segala wabah-wabah penyakit dan hal-hal yang membuat keresahan warga setempat, sambil membawa perbekalan air putih yang dimasukkan kedalam botol lalu dibawa berjalan sambil berzikir setelah selesai dan sampailah dipenghujung kampung, air yang dibawa tadi diminum bersama-sama sambil berdoa mohon perlindungan kepada Allah SWT agar kampung dosan dijauhkan dari wabah penyakit yang berbahaya.

Hal apa pun itu semua bertujuan agar bisa terhindar dari wabah yang sedang menyerang pada saat ini. Semoga kita selalu diberikan perlindungan oleh sang ilahi agar terhindar dari segala macam penyakit yang berbahaya.

Laporan: Arsul Irawan

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas