Mengidentitaskan Sastra Lisan Klasik Yong Dolah Dalam Pameran Komik
0 Komentar 40 pembaca
Furqon Elwe dan Datuk Al-Azhar sedang berdiskusi Komik Yong Dolah.

Mengidentitaskan Sastra Lisan Klasik Yong Dolah Dalam Pameran Komik

Berita

Pekanbaru - Siapa yang tidak kenal dengan tokoh Yong Dolah, tokoh sastra lisan yang penuh dengan hiperbolanya yang penuh gelak tawa. Pada event ke-dua Galeri Aras Hang Nadim (GAHM) menggelar dengan tema Pameran Komik Yong Dolah di Purna MTQ (Anjungan Kampar), Sabtu (22/02/2020).

Acara ini dihadiri oleh Datuk Al-Azhar, Jhon Kobet, para seniman-seniman Riau, serta beberapa mahasiswa dan komunitas yang ada di Pekanbaru.

Pada umumnya, komik merupakan cerita bergambar yang banyak digemari kalangan masyarakat baik muda maupun tua. Pada saat ini komik masih begitu digandrungi di kalangan masyarakat.

Furqon Elwe (seniman kartunis Riau) menerangkan bahwa pameran kali ini merupakan event yang ke-dua dari Galeri Aras Hang Nadim (GAHM) yakni pameran komik. Seni komik yang diangkat juga mengangkat seni rupa melayu khususnya yakni Yong Dolah, seorang tokoh sastra lisan melayu. Nantinya dari pameran yang dilaksanakan ini juga ada diskusi-diskusi karya.

Adapun beberapa penampilan yang ditampilkan yakni cerita Yong Dolah yang dibawakan oleh Aamesa Aryana yang penuh gelak tawa penonton, serta musik gazal pada pembuka acaranya.

Abdullah bin endong atau yang kita kenal Yong Dolah, merupakan seniman legendaris dari kotabTerubuk, Bengkalis. Tokoh sastra lisan klasik penuh dengan majas hiperbola dan membolak-balikan logika dengan pesan moral yang begitu bermakna. Yong Dolah merupakan tokoh yang memiliki intelektualitas yang tinggi. Dengan sastra lisannya, membuat orang-orang yang disekitarnya tertawa dengan cerita penuh hiperbola penuh makna disebalik ceritanya.

Dalam elu-eluannya, Datuk Al-Azhar menerangkan bahwa cerita yong dolah menciptakan cerita-cerita melayu yang begiti kelakar dan hiperbola yang dihasilkan langsung dari mulutnya (lisan) dengan mudah dipahami oleh orang-orang. Dari formula cerita-cerita Yong Dolah inilah yang ditampil dalam bentuk komik oleh Furqon Elwe dan Adi Bagong.

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas