Memori 28 Oktober
0 Komentar 248 pembaca
Foto logo tabloidtanjak.com

Memori 28 Oktober

Berita

tabloidtanjak.com - UNILAK. 28 Oktober. Banyak hal yang terjadi di dunia ini ditahun yang berbeda, namun tepat ditanggal 28 Oktober.
Seperti, 1834 - Galaksi NGC 31 ditemukan oleh John Herschel, 1834 - Galaksi NGC 28 ditemukan oleh William Herschel. Tahun, 1890 - Museum Radyapustaka didirikan di Surakarta, tahun 1900 - Penutupan Olimpiade Paris 1900, 1918 - Cekoslowakia merdeka dari Austria-Hongaria, 1924 - Rechtshoogeschool te Batavia (RHS atau Sekolah Tinggi Hukum) dibuka di Jakarta, 1928 - Kongres Pemuda II: Deklarasi Sumpah Pemuda di Gedung Kramat 106; Indonesia Raya dikumandangkan untuk pertama kalinya, dan di tahun 2004 - Majalah ilmiah Nature menerbitkan laporan penemuan spesies manusia yang baru, Homo floresiensis di Pulau Flores.

28 Oktober, yang lekat pada memori rakyat Indonesia adalah Deklarasi Sumpah Pemuda. Sejak 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

28 Oktober, menjadi hari bersejarah bagi pemuda-pemuda di zaman itu. Lebih dari 80 pemuda menyuarakan sumpah untuk Indonesia. Sumpah pemuda menjadi pegangan kokoh kemerdekaan Indonesia, dan menjadi emas bagi semangat Indonesia.
Isi Sumpah Pemuda :
Penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen.

"Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia."
Tetaplah menjadi tonggak semangat pemuda Indonesia dalam mempertahankan NKRI.

28 Oktober, ternyata tak hanya kenangan 1928 saja yang melekat diingatan kami Redaksi tabloidtanjak.com, tetapi juga merupakan hari lahir Tabloid Tanjak. Tepat ditanggal 28 Oktober 2016, tabloid tanjak diterbitkan untuk pertama kalinya. Tabloid tanjak bagaikan pohon yang selalu disirami dengan baik, selalu dipupuk dengan penuh semangat. Bapak Hang Kafrawi selaku Pembina dan pencetus Tabloid tanjak, selalu menjaga serta merawat "pohon" tabloid tanjak ini, hingga menghasilkan buah pengetahuan yang siap disantap masyarakat Riau terkhusus Universitas Lancang Kuning. Beliau melahirkan wartawan-wartawan yang penuh semangat melalui tabloid tanjak ini.

Melalui kepemimpinan redaksi Berlian Novendri, yang merupakan Pimred pertama tabloid tanjak dan memegang jabatan tersebut selama 2 periode. Berlian dapat menjadi peruncing bagi wartawan generasi selanjutnya, bila tumpul maka Berlian akan selalu meruncingkan hingga pensil itu runcing dan bisa menulis kembali. Banyak kenangan serta ilmu-ilmu yang terukir di "ladang" memori kami sebagai wartawan tabloid tanjak, berharap memori ini dapat menjadi bekal masa depan kami sebagai pemuda Indonesia yang berkarya dan penuh dengan kreatifitas.

Selamat hari sumpah pemuda untuk para pemuda Indonesia.
Selamat ulang tahun Tabloid Tanjak yang ke - 3 tahun, tetap menjadi media yang memberitakan sastra di Riau. Jayalah selalu dan teruslah berkembang.

Oleh : Dirga Putri. Yang merupakan wartawan tabloid tanjak, sejak 2 tahun yang lalu.

 

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas