"Sisi Kelam Dipengujung September"   Oleh: Siti Nurhasanah
0 Komentar 155 pembaca
Foto diambil dari Internet (goggle).

"Sisi Kelam Dipengujung September" Oleh: Siti Nurhasanah

Berita

tabloidtanjak.com - RUMBAI. Apa yang terlintas dikepalamu ketika sudah memasuki penghujung bulan September? Ulang tahunmu? Ulang tahun orang tersayangmu? Atau bahkan cicilan motormu? Bagi sebagian orang penghujung September bukanlah hal yang istimewa, tapi tidak untuk orang yang mengenal sejarah akan kelamnya penghujung September ini. Tepat 54 tahun yang lalu pada tanggal 30 Sepetember, Partai Komunis Indonesia mencoba melakukan kudeta dengan cara membunuh 7 perwira tinggi militer Indonesia berserta beberapa orang lainya.

Pada 1 Oktober 1965, tepatnya dini hari, enam jendral senior dibunuh dalam upaya kudeta dimana peristiwa ini disalahkan kepada para pengawai istana (Cakrabiwara) yang dianggap loyal kepada PKI. Pada hari itu juga Panglima Komando Strategi Angkatan Darat saat itu, Mayjen Soeharto kemudian mengadakan penumpasan terhadap gerakan tersebut.

Apa yang membuat peristiwa ini begitu diingat? Pertama selain upaya kudeta Yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia, cara mereka menculik dan membunuh para jendral menjadi momok yang sangat menakutkan saat itu, bahkan jika Kita melihat adegan dalam filmnya kita pun juga akan merasa ketakutan.

Bulan September menjadi bulan yang kelam dalam sejarah berdirinya bagsa Indonesia, memang ada begitu banyak peristiwa yang terjadi dibangsa ini namun G30SPKI tidak akan pernah bisa dilupakan oleh bangsa Indonesia.

Mungkin Alm. Soeharto sudah berhasil menumpas para petinggi PKI bahkan ada begitu banyak pembantaian terhadap para anggota PKI, namun tidak dapat dipungkiri PKI mungkin masih ada di tenggah-tengah kita dalam kelompok-kelompok kecil atau bahkan mereka sudah berada di pemerintahan???.

« Sebelumnya
Tidak ditemukan Berita Sebelumnya!!!

Selanjutnya »
Tidak ditemukan Berita Selanjutnya!!!

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas