Motivasi Kehidupan Itu Bernama Tunjuk Ajar Melayu
0 Komentar 2655 pembaca
Almarhum Tenas Effendy

Motivasi Kehidupan Itu Bernama Tunjuk Ajar Melayu

Telaah

Oleh Setjangkir Berlian

Tengku Nasyaruddin Effendy atau yang lebih dikenal dengan nama Tenas Effendy merupakan budayawan dan sastrawan Riau. Tenas Effendy juga dikenal sebagai tetua masyarakat di Riau. Selama ia hidup sudah memberikan keelokan melalui karya-karyanya yang penuh inspirasi, nasihat, motivasi, dan semangat pendidikan kepada masyarakat. Karya yang kini ditinggalkan oleh Alm. Tenas Effendy yang dapat menjadi pegangan dan pedoman masyarakat Riau adalah Tunjuk Ajar Melayu.

Tenas Effendy dalam buku Tunjuk Ajarnya mendedahkan kandungan nilai-nilai luhur agama Islam dan juga sesuai dengan budaya dan norma-norma social yang dianut oleh masyarakat. Tunjuk Ajar Melayu adalah segala jenis petuah, petunjuk, nasihat, amanah, pengajaran dan contoh teladan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tunjuk Ajar Melayu yang dibuat oleh Alm. Tenas Effendy ini sangat penting dalam khazanah dunia pendidikan. Buku Tunjuk Ajar Melayu juga memberikan nilai motivasi yang sangat luar biasa dalam kehidupan. Maka untuk itu buku Tunjuk Ajar Melayu bisa dijadikan buku wajib untuk mengingat nilai-nilai dan pesan-pesan yang terkandung didalamnya.

Sedikit pendapat dari saya, Buku Tunjuk Ajar Melayu adalah buku pemberi ajaran motivasi kepada kita semua untuk menjadi yang lebih baik.

Contoh kalimat pemberi motivasi dalam buku Tunjuk Ajar Melayu yaitu “kalau hendak menjadi orang, jangan menumpang di ketiak orang” yang artinya bila hendak menjadi orang, yakini menjadi manusia yang sempurna lahiriah dan batiniah, maka jangan menggantungkan diri kepada orang lain.

Kutipan tersebut mengajarkan kita sebagai manusia harus bersikap mandiri dan untuk tidak menggantungkan hidup kepada orang lain. Jika kita selalu bergantung kepada orang lain dan merasa nyaman dengan hal tersebut, mungkin tidak akan masalah dalam jangka pendek tetapi dalam jangka panjang apakah kita harus selalu mengikuti orang lain? Untuk itu, Alm. Tenas Effendy mengajarkan kita dalam buku Tunjuk Ajarnya memberikan kita petuah agar untuk selalu mandiri. Sikap mandiri akan lebih memudahkan kita dalam menentukan sebuah tujuan.

Dalam buku Tunjuk Ajar Melayu, terdapat butir tunjuk ajar yang berjudul “Berpandangan Jauh Ke depan”. Dengan memandang jauh ke depan, seseorang diharapkan memiliki wawasan luas, pikiran panjang dan perhitungan semakin cermat. Banyak hal yang dapat ditimbulkan akibat kita tidak memiliki sikap yang lazim disebut ”Berpandangan Jauh ke Depan”.

Kehidupan dan kebahagiaan seseorang tidaklah bisa diukur dengan ukuran gelar kesarjanaan, kedudukan maupun latar belakang keluarga. Yang dilihat adalah bagaimana cara berpikir orang itu. Memang kesuksesan kita lebih banyak dipengaruhi oleh cara kita berpikir. Manfaat yang kita dapatkan dari hal tersebut salah satunya yaitu menjadikan kita dapat berpikir lebih dewasa dan membantu untuk meningkatkan pemahaman tentang makna sesuatu yang lebih dalam, dalam kita mencapai tujuan kita atau menggapai mimpi. Seperti kutipan kalimat “apa tanda melayu jati, memikirkan hidup kemudian hari” cuplikan kalimat tersebut memberikan pesan kepada kita untuk dapat memikirkan masa yang akan datang demi merubah nasib kehidupan. Kita harus yakini bahwa yang merubah nasib kita adalah diri kita sendiri. Maka dari itu Alm.Tenas Effendi memberikan pesan pola pikir yang baik kepada kita dengan cara Bepandang Jauh Kedepan untuk merubah masa depan dengan merubah cara berpikir.

Buku Tunjuk Ajar Melayu sangat banyak menyimpan nilai-nilai positif di dalamnya. Terdapat 29 butir-butir tunjuk ajar juga 10 petuah dan amanah. Tak salah jika kita mau menjadikannya buku pegangan wajib untuk menambah wawasan kita dalam berbudaya. Tak banyak yang saya ungkapkan melalui pemikiran saya. Mungkin dengan sedikit penjelasan saya mengenai motivasi dalam buku Tunjuk Ajar Melayu dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

Setjangkir Berlian adalah mahasiswa Sastra Indonesia, Semester 4.

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas