Tentang Tokoh Sastra Riau
7 Komentar 5106 pembaca
Sutardji Calzoum Bachri (f. net)

Tentang Tokoh Sastra Riau

Berita

Selain menyumbang kekayaan alam yang tidak sedikit, Riau juga tercatat sebagai penyumbang karya-karya sastra untuk Indoensia tercinta ini. Tercatat beberapa nama-nama besar sastrawan Riau yang mempengaruhi perkembangan sastra di anah air ini. Soeman Hs, salah seorang sastrawan kelahiran Bengkalis ini, hadir dengan cerita-cerita pendeknya yang paling pendek. Cerpen yang dihasilkan Soeman Hs, hanya satu halaman, bahkan setengah halaman juga ada. Selain ceritanya tak sampai satu halaman, Soeman Hs juga ‘mengisi’ karya sastranya dengan cerita-cerita yang unik. Kebiasaan orang Melayu kampung, menjadi kekuatan karya-karya Soeman Hs. Dalam cerpennya, Soeman Hs mengajak pembaca mengembara ke peristiwa-peristiwa alam Melayu dengan cara yang humor dan satir.

Sutardji Calzoum Bachri muncul dengan kekuatan mantra dalam setiap karya puisi yang ia ciptakan. Sutardji yang kelahiran Rengat ini menyadari betul bahwa karya sastra haruslah memiliki ‘sidek jari’ pengarangnya untuk menjadi identitas. Maka dengan segala kemampuannya, Sutardji mengokah mantra menjadi pondasi karya-karya puisinya. Membaca puisi Sutardji, kita akan terbawa nuansa-nuansa mantra yang kental. Tentu saja, mantra ditangan Sutardji mendapat sentuhan kreativitas, sehingga karya-karya sastra Sutardji bukan mantra, tapi mirip mantra. Tidak tanggung-tanggung, Sutardji pun dijunjung sebagai pendobrak puisi di Indonesia, bahkan Sutardji dinobatkan sebagai Presiden Penyair Indonesia.

Kita juga memiliki Ibrahim Sattah juga membongkar mantra menjadi kekuatan dalam puisinya. Begitu juga Idrus Tintin. Dengan keberaniannya, Idrus Tintin mengeksplorasi peristiwa Riau dalam sajak-sajaknya yang penuh nada perjuangan. BM Syamsuddin, piawai merangkai peristiwa-peristiwa yang terjadi di kampung menjadi semangat baru bagi pembaca. Dengan kelembutan tokoh-tokoh Melayu dalam karyanya, BM Syamsuddin mengabarkan bahwa orang memiliki kearifan menyeselesaikan masalah yang sedang mereka hadapi.

Ediruslan Pe Amanriza mengibarkan keperkasaan penulis Riau di kencah nasional. Penulis yang selalu tampil necis semasa hidupnya, menjadikan karya sastra sebagai corong perlawanan orang Riau terhadap pusat (Jakarta). Panggil Aku Sakai, salah satu contoh karya sastra (roman) Ediruslan Pe Amanriza yang menceritakan bagaimana suku Sakai mempertahankan kebiasaannya dengan kearifan yang lembut.

Begitu juga, kite pernah memiliki Hasan Junus yang sehari-harinya mencurahkan segala hidupnya pada karya sastra. Hasan Junus tampil seperti Pendekar , tepatnya Pendekar Sastra dari Riau. Segala bentuk karya sastra, baik berbahasa asing, apalagi karya sastra berbahasa Indonesia, menjadi santapannya saban hari. Hasan Junus juga memiliki telaah yang tajam atas karya-karya sastra yang ia baca. Dengan bacaan yang segudang, Hasan Junus mendedahkan kepada pembaca Riau dan membandingkan karya-karya Riau dengan karya-karya dunia.

Masih banyak sederetan nama sastrawan Riau yang memiliki kekuatan menyuarakan ‘teriakan’ orang Riau dalam karya mereka. Rida K Liamsi, Taufik Ikram Jamil, Fahkrunas MA Jabbar, Eddy Ahmad RM, Yoserizal Zen, Abel Tasman, Marhalim Zaini, dan kalau ditulis semua nama sastrawan Riau di kolom ini akan memakan halaman yang lebih luas lagi. Maka nama-nama sastrawan yang disebutkan di atas, hendaknya generasi muda Riau pada hari ini, menjadikan mereka sebagai kekuatan untuk tetap menulis. Kabarkan peristiwa negeri ini dengan sentuhan kreativitas imajinasi yang tinggi, sehingga karya sastra menjadi semangat baru bagi masyarakat Riau.

Bentangan peristiwa tidak akan pernah selesai, cuma bagaimana caranya peristiwa tersebut kita arifi menjadi kekuatan karya sastra Riau ke depannya. Pada hari ini, memang peminat atau lebih tepatnya pembaca karya sastra di Riau terasa berkurang. Namun demikian penulis-penulis muda Riau terus bermunculan. Mudah-mudahan Riau akan terus melahirkan penulis-penulis karya sastra yang handal. Amin. (AR)

Author

Tabloid Tanjak
Profil Tabloid Tanjak

admin tabloidtanjak.com

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px (FIB)

Berita Terkait

Ada 7 Komentar untuk Berita Ini

  1. nama obat kuat pria paling bagus dan aman 29 Agustus 2018 - 20:47:50 WIB

    terimakasih informasinya http://goo.gl/78XE5J

1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Kembali ke Atas